Tips Merawat Item Fashion Rajut

cara merawat fashion rajut

Item fashion rajut sekarang ini sudah sangat bervariasi mulai dari syal, sweater, tas, dompet, peci, dan lain sebagainya dapat dengan mudah anda temukan di pasaran. Beragamnya item fashion yang menggunakan rajut tentu bukan tanpa alasan melainkan karena item fashion rajut memiliki keunikan tersendiri bagi si pemakainya. Ada yang menganggap item fashion rajut memberikan kesan sederhana namun tetap estetik dan apa pula yang menganggap item fashion rajut memberikan kesan unik namun tetap cantik. Apapun alasan orang memilih item fashion rajut sebagai pilihannya semakin membuat item fashion rajut itu sendiri populer dan diminati banyak orang. Sayangnya tidak semua pengguna item fashion rajut paham tentang cara merawat item fashion rajutnya sehingga banyak diantaranya yang rusak atau pudar warnanya.

Supaya hal serupa tidak terjadi kepada anda dan item fashion rajut milik anda maka sebaiknya anda perhatikan tips merawat item fashion rajut di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  • Ketika anda hendak mencuci item fashion rajut anda terutama pakaian yang memiliki warna gelap seperti hitam, abu-abu, ungu, biru tua, hijau tua, merah maroon serta warna gelap lainnya maka sebaiknya anda rendam terlebih dahulu dengan cuka. Setelah direndam barulah anda cuci dengan  menguceknya secara lembut menggunakan soft detergent. Pastikan anda tidak menggunakan detergent yang mengandung pemutih di dalamnya.

 

  • Apabila anda seorang pengguna mesin cuci maka anda harus merelakan diri untuk mencuci item fashion anda menggunakan tangan karena sangat tidak dianjurkan mencuci barang-barang rajut menggunakan mesin cuci. Proses pencucian di mesin cuci dapat mengakibatkan rajutan melar serta “mbrudul” atau berbulu.
    Sangat disarankan pula anda gunakan air dingin ketika mencucinya karena air hangat dapat mempengaruhi benang rajut yang digunakan. Sebetulnya anda tidak perlu mengucek item fashion rajut anda ketika mencucinya tetapi apabila ada kotoran membandel yang menempel maka anda dapat mengucek secara lembut agar tidak merusak benang rajut.

 

  • Setelah proses mencuci selesai maka langkah selanjutnya tinggal menjemur, tetapi anda harus ingat bahwa ketika menjemur item fashion rajut maka sebaiknya tidak digantung. Hal ini dikarenakan proses menggantung yang dilakukan terhadap item fashion rajut terutama pakaian akan membuat bentuknya berubah akibat bobot air yang tertarik gravitasi bumi sehingga menarik pakaian rajut anda ke bawah. Cukup anda taruh jemuran rajut anda tadi di atas permukaan yang datar dan mendapat angin yang cukup agar lekas kering.
    Setelah kering maka jangan coba-coba untuk menyetrikanya karena hal itu sangat tidak perlu. Bahan rajut bukan bahan yang perlu untuk disetrika selain itu proses setrika pun kadang kala justru dapat merusak bahan rajut itu sendiri.

merawat fashion rajut

Bila biasanya anda melipat pakaian anda setelah kering maka tidak demikian dengan item fashion rajut terutama pakaian rajut. Sebaiknya anda menggulung pakaian rajut anda agar tidak menimbulkan lipatan-lipatan pada pakaian rajut anda ketika hendak anda gunakan nantinya. Ketika anda menggunakan item fashion rajut anda maka usahakan tidak menarik bagian apapun dari item fashion rajut anda itu karena hal itu dapat melonggarkan rajutan yang ada.

Itulah tadi beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam merawat item fashion rajut milik anda agar item fashion rajut anda dapat bertahan lama. Sekian artikel ini dibuat, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang hendak memiliki maupun sudah memiliki item fashion rajut. Dan jangan lupa baca tips-tips kami lainnya mengenai Fashion Rajut !

Share with your friends :