Tips Merajut Knitwear Dengan Metode Crochet Dasar

Tips Merajut Knitwear Dengan Metode Crochet Dasar

Siapa yang tidak mengenal knitwear? Jenis pakaian satu ini kini menjadi suatu produk yang laris manis di pasaran. Knitwear atau biasa dikenal sebagai pakaian rajut merupakan sebuah macam pakaian baik atasan maupun bawahan yang dibuat melalui proses merajut benang wol atau benang rajut lainnya dengan menggunakan jarum.

Untuk menghasilkan produk rajut, para perajut akan mengikuti metode rajut yang telah banyak dipaparkan dalam berbagai media, misalnya internet (dari website dan media sosial), buku, majalah dan lainnya. Salah satu metode rajut yang banyak diminati adalah metode corchet. Metode yang termasuk dalam teknik dasar dari rajut ini dinilai dapat diikuti siapa saja asalkan memiliki ketekunan dan ketelitian.

Metode crochet ialah sebuah cara perajutan benang di mana para perajut akan menggunakan suatu alat dengan sisi ujung yang berbentuk melengkung yang dikenal dengan sebutan hook atau hakken. Ujung yang memiliki pengait tersebut berguna untuk membuat kaitan antara benang dengan hook.

Untuk menghasilkan produk rajut yang dibuat berdasarkan metode crochet dasar yang benar, langkah pertama yang harus dilakukan oleh perajut adalah menentukan letak bagian yang hendak dijadikan sebagai akhir dari rajutan. Hal ini berfungsi untuk memberikan perkiraan di mana tusukan pada sisip akan dimasukkan.

Kemudian, lanjutkan untuk menusuk hook kamu pada sebuah lubang yang diinginkan lalu tarik benang dalam hook tersebut. Terakhir, tarikan kaitan dari benang yang diperoleh dari lubang di mana hook ditusukkan sehingga kamu akan memperoleh sebuah benang yang terikat dalam hook tersebut. Metode crochet ini mempunyai beragam jenis teknik yang bisa dipakai, disesuaikan dengan bentuk kerajinan yang ingin kamu hasilkan nantinya.

Beberapa contoh hasil dari pakaian rajut yang dibuat dengan menggunakan model crochet dasar ini memiliki aneka ragam bentuk seperti baju hangat atau sweater, cardigan, jaket, vest, gaun dan masih banyak lainnya. Produk tersebut pada umumnya akan dijual baik di toko-toko pakaian hingga toko online dan ternyata mampu mengundang banyak pembeli.

Tips Merajut dengan Metode Crochet

Hal tersebut membuat para perajut memiliki peluang besar untuk memproduksi knitwear atau pakaian rajut yang akhirnya akan dipasarkan dengan harga beragam. Produk knitwear yang disediakan memiliki bermacam-macam harga dari yang termurah, yaitu puluhan ribu rupiah hingga yang termahal mencapai ratusan bahkan jutaan.

Hasilnya banyak dari orang-orang yang memilih berusaha untuk membuat rajutan knitwear itu sendiri. Untuk kamu yang berniat membuat pakaian rajut yang sedang tren saat ini, artikel ini akan memberikan tips yang berguna agar hasil rajutan kamu nantinya akan berhasil. Pertama-tama, pelajari terlebih dahulu metode corchet dasar yang akan digunakan untuk membuat pakaian rajut.

Alangkah lebih baik jika sebelum memulai merajut knitwear yang sebenarnya, kamu sudah menguasai metode corchet tersebut supaya pakaian tersebut berhasil dibuat. Tata cara merajut dengan metode cochet yang telah dipaparkan dalam paragraf sebelumnya dapat kamu ikuti. Kemudian, setelah kamu mampu mempelajari metode tersebut, tetapkan jenis pakaian rajut yang akan kamu buat. Misalnya kamu hendak membuat cardigan, bentuklah pola cardigan dalam kertas yang dapat kamu jadikan sebagai acuan pada saat merajut.

Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran rajutan knitwear dengan ukuran tubuh kamu agar hasil pakaian tersebut dapat kamu gunakan dengan pas. Produk knitwear pada umumnya dibuat dengan ukuran yang sedikit lebih besar daripada ukuran biasanya untuk mencegah kaitan benang menjadi rusak. Dengan mengikuti tips merajut dengan metode corchet dasar yang sudah disampaikan, maka dapat dipastikan bahwa knitwear buatanmu akan sukses dan dapat dipakai nantinya. Selamat mencoba!

Share with your friends :