Tips Memilih Busana Formal Wanita Untuk Wawancara Kerja

busana formal wanita untuk kerja

Pakaian formal selalu dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Salah satunya yakni pakaian formal untuk wawancara kerja. Wawancara kerja adalah salah satu momen yang penting, sehingga segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik termasuk penampilan. Dalam melakukan wawancara pasti tidak hanya kemampuan otak yang diperhitungkan tetapi juga kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan dunia kerja seperti misalnya cara berpakaian. Pakaian yang rapi menunjukkan keseriusan dalam mencari pekerjaan sehingga lebih dipertimbangkan. Melakukan wawancara hanya dengan menggunakan pakaian sehari-hari tentu kurang tepat. Apalagi jika melamar di perusahaan yang mana karyawannya terbiasa dengan pakaian formal. Maka sebelum wawancara sebaiknya pelajari tips berpakaian yang baik dan benar.

Berikut ini adalah tips berpakaian formal yang biasanya dikenakan saat wawancara kerja.

Gunakan Kemeja atau Blus

Bagian pertama yang harus diperhatikan saat berpakaian adalah baju atasan. Untuk wawancara kerja, baju atasan yang bisa dikenakan adalah kemeja atau blus. Gunakan kemeja polos, jangan menggunakan kemeja motif. Apalagi dengan motif yang rumit karena akan mengalihkan pusat perhatian pewawancara. Sebaiknya gunakan kemeja polos dengan kecenderungan warna dasar gelap seperti merah gelap, abu-abu, biru donker, atau putih. Selain kemeja, pilihan lainnya yakni dengan mengenakan blus. Namun jangan menggunakan blus tanpa lengan. Sebaiknya gunakan blus lengan panjang dengan motif sederhana atau polos.

Gunakan Rok atau Celana Bahan

Pakaian bawah sebaiknya mengenakan rok pensil. Rok dengan model pensil bisa membuat penampilan tampak rapi dan juga formal. Gunakan rok dengan warna hitam dan bahan yang tebal, sesuai dengan rok formal untuk bekerja. Selain rok juga bisa mengenakan celana bahan berwarna hitam. Celana bahan ini bisa dikenakan bagi yang tidak suka memakai rok. Gunakan celana berkancing, jangan karet karena terlihat tidak formal.

Gunakan Jas atau Blezer

Apabila perusahaan yang dilamar merupakan jenis perusahaan besar, maka pakaian yang dikenakan haruslah formal. Maka untuk melengkapi pakaian yang dikenakan saat wawancara bisa menambahkan jas atau blazer. Keduanya bisa dijadikan outer yang bisa membuat penampilan semakin terlihat formal. Jika memang perusahaan yang dilamar adalah jenis perusahaan kreatif maka jas atau blazer tidak diperlukan.

Gunakan Sepatu Hitam Berhak Rendah

Dalam melakukan wawancara pekerjaan juga jangan mengenakan sepatu yang berwarna apalagi berwarna terang. Sebaliknya gunakan sepatu formal dengan warna hitam. Sepatu sebaiknya tidak berhak terlalu tinggi, gunakan hak rendah. Jenis sepatu ini adalah sepatu formal untuk pergi interview kerja

Gunakan Dress dan Blazer

Bagi wanita berhijab, dress juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi pakaian formal saat wawancara. Namun jangan gunakan dress yang terbuka atau berlebihan coraknya. Gunakan dress yang sopan dengan warna yang kalem. Padukan juga dress dengan blazer, namun jangan blazer kaos. Sebaiknya gunakan blazer yang lebih resmi agar penampilan terlihat formal.

Itulah tips berpakaian fotmal bagi wanita yang akan melakukan wawancara kerja. Saat akan melakukan wawancara kerja sebaiknya ingat tips berpakaian diatas. Sesuaikan pakaian dengan perusahaan yang dilamar. Jika tidak ingin ribet maka rok atau celana bahan dan kemeja adalah pakaian yang sudah sesuai untuk melakukan wawancara kerja di berbagai perusahaan. Di Indonesia memang tidak banyak yang menganakan jas saat bekerja. Namun jika melamar di perusahaan besar dan terkenal, tidak ada salahnya mengenakan jas saat wawancara agar penampilan terlihat lebih formal. CEK JUGA >> Tren Kemeja 2018 <<

Share with your friends :