Tips Belajar Merajut Mandiri Bagi PemulaTips Belajar Merajut Mandiri Bagi Pemula

belajar merajut

Biasanya di waktu senggang tidak banyak kegiatan yang dilakukan karena memang tidak memiliki banyak keterampilan. Akhirnya kegiatan yang dilakukan di waktu senggang hanyalah tidur atau menonton televisi. Padahal masih ada satu kegiatan yang bisa dilakukan yakni merajut. Banyak yang malas melakukannya karena persepsi merajut harus memiliki keterampilan khusus. Siapa bilang? Merajut juga bisa dilakukan meski tanpa memiliki keterampilan sebelumnya. Merajut mudah dipelajari untuk pemula asalkan memiliki niat dan semangat untuk merajut. Kegiatan ini bahkan sudah diajarkan sejak smp, sehingga bisa dikatakan bahwa semua orang bisa merajut asalkan mau belajar. Merajut tidak akan sesusah yang dibayangkan dengan teknik belajar yang tepat.

Bagi anda yang ingin belajar merajut secara mandiri maka berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Kenali Peralatan dan Bahan Untuk Merajut

Hal utama yang harus dilakukan jika ingin belajar merajut adalah dengan menenali peralatan dan bahan yang biasanya dipakai untuk merajut. Bahan utama yang dipakai untuk merajut adalah hakpen dan benang. Hakpen ini semacam jarum khusus untuk merajut. Hakpen memiliki nama lain yakni hook dan hakken. Hakpen bisa dijumpai dalam berbagai ukuran yang mana disesuaikan dengan ukuran benangnya. Benang juga ada bermacam-macam jenisnya sesuai kebutuhan. Maka sebelum membeli hakpen sebaiknya membeli benangnya terlebih dahulu baru kemudian datang ke toko membeli hakpen yang sesuai. Lebih baik lagi jika membelinya dalam satu toko agar keduanya bisa langsung dicarikan pramuniaganya. Selain peralatan dasar ini ada juga peralatan pendukung seperti gunting, meteran, penanda rajutan, lem tembak, dan lainnya.

Pelajari Polanya

Belajar merajut saat awal-awal jangan mengharapkan bentuk tertentu. sebaiknya belajarlah dulu bagaimana membuat polanya. Jika sudah bisa membuat pola maka bisa belajar membentuknya sesesuai keinginan. Pelajari berbagai pola merajut mulai dari yang paling mudah. Jika sudah maka pelajari bagaimana cara membentuk rajutan menjadi barang layak pakai. Jangan juga membentuk barang yang rumit seperti baju. Sebaiknya membuat benda yang mudah seperti syal atau tas yang tidak terlalu besar agar bisa cepat menguasai dan tidak cepat bosan. Syal adalah salah satu hasil rajutan yang mudah dibuat.

Belajarlah Lewat Youtube

Belajar merajut tidak bisa hanya dengan mengamati gambarnya melalui website. Sebaiknya mempelajarinya langung di Youtube agar penjelasannya jelas. Selain itu gambarnya juga lebih jelas berikut hasil jadinya. Melihat tayangan di Youtube bisa lebih paham karena selain prakteknya langsung juga disertai penjelasan yang membuat penontonnya lebih paham. Jika melalui website hanya akan disuguhkan gambar dan penjelasan yang terkadang kurang jelas atau justru membuat salah paham. Akhirnya pembelajaran bisa gagal. Maka Youtube bisa menjadi sarana yang tepat untuk mempelajari teknik-teknik merajut dengan cepat.

Itulah beberapa tips untuk belajar merajut. Jangan patah semangat dan terus mencoba. Merajut memang tidak membutuhkan skill namun membutuhkan kesabaran yang tinggi karena bagaimanapun merajut tidak hanya selesai dilakukan dalam sekali waktu. Kegiatan merajut ini bisa dikerjakan di beberapa waktu saat senggang. Itulah sebabnya merajut ini cocok digunakan untuk mengisi waktu senggang karena memang pekerjaannya bisa diselesaikan kapan saja saat senggang. Selain itu merajut juga tidak membutuhkan banyak bahan dan alat. Perlengkapan merajut ini juga bisa dibawa kemana-mana saat bepergian sehingga bisa diselesaikan saat dijalan atau di rumah saudara. Namun sebelum membuat suatu barang jadi sebaiknya bagi pemula menguasai tekniknya terlebih dahulu. Cek artikel tentang celana pendek wanita yang terhits <<

Share with your friends :