Pakaian Resmi Melamar Guru Wanita di Sekolah

pakaian resmi guru

Para lulusan baru yang akan melamar posisi guru di sekolah pasti bingung dengan jenis pakaian yang akan dikenakan. Pasalnya melamar kesekolah jelas berbeda dengan melamar ke perusahaan. Jika melamar ke perusahaan biasanya mengenakan pakaian formal rok atau celana dan kemeja, ke sekolah jelas berbeda. Hal ini yang biasanya dipertanyakan para lulusan baru jika ingin mendaftar ke sekolah sebagai tenaga pendidik. Apalagi pakaian cukup penting saat melamar pekerjaan. Jika tidak mengenakan pakaian yang cocok maka akan dinilai minus. Maka dari itu hal terpenting yang perlu diperhatikan saat melamar pekerjaan ke sekolah atau ke tempat lainnya adalah pakaian.

Berikut ini adalah pakaian formal yang cocok untuk mendaftar Guru ke sekolah.

Pakaian Batik

Batik adalah pakaian formal yang netral untuk dikenakan ke sekolah saat melamar pekerjaan. Pastinya semua orang memiliki atasan batik minimal satu. Jika bingung ingin mengenakan pakaian formal model apa, batik bisa menjadi salah satu jenis pakaian yang cocok. Apalagi bila dilihat biasanya para guru juga mengenakan batik saat ke sekolah, meskipun di hari-hari tertentu saja. Jika sudah memiliki batik di rumah maka tidak perlu repot membeli sehingga mengeluarkan banyak uang. Pakaian batik yang cocok yakni pakaian batik pendek yang bagian bawahnya tidak terlalu panjang sehingga saat dikenakan tampak rapi. Namun jika pakaian batik pada bagian bawahnya panjang sebaiknya dimasukkan ke dalam rok agar terlihat rapi.

Pakaian Atasan Kemeja

Kemeja juga bisa menjadi atasan formal untuk mendaftar posisi guru di sekolah. Mengenakan kemeja bisa terlihat formal selain batik. Apalagi kemeja juga biasa dikenakan oleh guru-guru. Namun jika mengenakan kemeja biasanya dikeluarkan sehingga jangan mengenakan kemeja yang terlalu panjang hingga paha. Gunakan kemeja pas badan yang berpotongan pendek sepinggul agar bisa terlihat rapi. Selain itu mengenakan kemeja polos lebih baik dibandingkan kemeja motif. Selalu kenakan kemeja lengan panjang untuk wanita berhijab dan lengan pendek bagi yang tidak berhijab.

Kenakan Rok, Jangan Celana

Memang tidak ada yang melarang antara menggunakan rok atau celana saat mengajar. Namun ada kepala sekolah yang melarang gurunya untuk mengajar mengenakan celana. Maka agar tidak salah sebaiknya mengenakan rok. Rok yang dikenakan juga harus rok resmi yang biasa dikenakan untuk kerja. Jika belum memilikinya maka belilah rok formal dengan warna hitam agar bisa dipadukan dengan baerbagai warna atasan. Jangan mengenakan rok ketat, sebaiknya kenakan rok span yang agak longgar. Mengenakan rok ini tidak akan salah, rok bisa dipadukan dengan batik dan juga kemeja.

Sepatu Berhak Hitam

Masalah penampilan yang terakhir adalah sepatu yang dikenakan. Berbeda saat melamar di perusahaan, jenis sepatu yang dikenakan bisa bebas. Namun jika melamar di sekolah maka sesuaikan dengan lingkungan sekolah. Biasanya para guru akan mengenakan sepatu hitam yang berhak. Jangan gunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi, sebaiknya kenakan sepatu dengan hak rendah. Jangan kenakan flat shoes meskipun berwarna hitam.

Itulah beberapa tips berpakaian saat akan melamar pekerjaan sebagai guru di sekolah. Pakaian-pakaian diatas adalah pakaian formal yang bisa dikenakan, disesuaikan dengan pakaian yang biasa dikenakan oleh para guru. Sebagai catatan penting bagi wanita yang ingin melamar sebagai guru sebaiknya tidak mengenakan celana karena di beberapa sekolah ada yang melarangnya. Hal ini dikarenakan guru tidak boleh menampilkan lekuk tubuh dan mengenakan celana bahan adalah salah satu cara lekuk tubuh guru bisa terlihat. Baca juga soal Jeans Wanita <<

Share with your friends :