Ini Dia Manfaat Merajut untuk Anda

manfaat dari merajut

Merajut merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan oleh sebagian orang tetapi sebagian orang lainnya menganggap merajut adalah kegiatan yang sangat membosankan dan hanya dilakukan oleh orang tua yang sudah tidak ada aktivitas lagi. Meski tidak semua orang menyukai aktivitasnya tetapi paling tidak hasil dari aktivitas merajut itu sendiri cukup bermanfaat karena hasil-hasil rajutan banyak digunakan oleh masyarakat. Sebut saja item fashion rajut, dekorasi rajut dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi tahukah anda bahwa dibalik hasil kegiatan merajut itu sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis yang lumayan rupanya kegiatan merajut itu sendiri memiliki beberapa manfaat dalam hal kesehatan bagi pelakunya. Kesehatan yang dimaksud bisa berupa kesehatan mental maupun kesehatan fisik baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa serta tentu saja orang tua.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat kesehatan dari aktivitas merajut ini dapat anda simak dalam uraian singkat di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

Menghindarkan dari Depresi

Depresi tentu bukan suatu hal yang baik bagi siapa pun dan upaya untuk menghindarkan diri dari depresi untungnya cukup banyak. Merajut merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan guna menghindarkan diri anda dari depresi baik itu depresi berat maupun depresi ringan. Anda tidak perlu duduk diam sepanjang hari di dalam rumah atau bahkan kamar hanya untuk merajut melainkan cukup luangkan waktu anda beberapa jam saja baik itu di pagi maupun di sore hari dengan merajut sambil ditemani secangkir teh, camilan maupun orang terdekat anda.

Melepas Lelah

Banyak ahli mengatakan bahwa kegiatan merajut bukannya justru membuat sesorang semakin lelah setelah seharian bekerja namun malah sebaliknya yakni melepaskan rasa lelah yang ada. Namun hal ini hanya berlaku bagi anda yang masih berusia di bawah 45 tahun karena pada usia tersebut umumnya pemulihan energi dalam tubuh masih sangat mudah dan cepat sehingga aktivitas seperti merajut yang menenangkan dapat mengembalikan stamina tubuh secara perlahan.

Merangsang Motorik

Merangsang motorik umumnya ditujukan kepada anak-anak pra sekolah hingga beranjak dewasa, namun sebetulnya merangsang motorik masih dibutuhkan juga oleh anda di segala usia. Kegiatan merajut dipercaya dapat merangsang perkembangan motorik pada manusia, bahkan pada anak-anak perkembangan motorik yang terjadi begitu cepat sehingga membuat kegiatan merajut ini dipercaya sebagai perangsang perkembangan kemampuan motorik anak yang efektif. Hal tersebut dikarenakan oleh kegiatan merajut meskipun terlihat statis dan monoton tetapi membutuhkan aktivitas otak yang kompleks, bahkan hampir seluruh bagian otak turut andil dalam membuat rajutan.

Mencegah kemunduran kognitif

Sebuah studi membuktikan bahwa kegiatan merajut berpengaruh sekitar lima puluh hingga enam puluh persen terhadap ketahanan daya kognitif seseorang. Terbukti dengan lansia yang melakukan merajut cenderung memiliki ingatan yang lebih baik bahkan banyak diantaranya yang terbebas dari pikun yang kerap dialami oleh lansia lainnya. Hal ini disebabkan aktivitas merajut mendayagunakan kedua belah otak yakni otak kanan dan otak kiri sehingga kemampuan otak terus terlatih dan terpelihara.

Sebetulnya masih banyak lagi manfaat dari kegiatan merajut ini seperti misalnya mencegah Arthritis dan Tendonitis, membantu konsentrasi manusia, melatih fokus, melatih kesabaran, ketekunan dan keuletan, serta tentu saja memberikan aktivitas gerak tubuh sebagai nutrisi bagi otot. Dengan sekian banyak manfaat yang disebutkan tadi maka pantaslah jika anda mempertimbangkan untuk melakukan kegiatan merajut di sela waktu luang anda sendiri maupun bersama keluarga.

Baca juga : Mari Kenali Jenis Rajutan dan Benang Untuk Merajut !

Share with your friends :